Asal Usul Komputer


Istilah komputer diambil dari bahasa inggris, yaitu dari kata TO COMPUTER atau COMPUTARE dalam bahasa Latin yang berarti menghitung. Dengan demikian, fungsi dari komputer telah jelas, yaitu hanya sebagi mesin hitung. Akan tetapi, defisisi komputer yang dibuat para ahli berbeda-beda karena mereka membuat definisi sesuai dengan kebutuhannya.

Asal usul komputer berawal dari abakus atau sempoa, yang sudah ada di Cina abad VI SM, dan kawasan Mediterania di masa Yunani dan Romawi kuno.Pertama-tama Abakus berupa sebuah permukaan pasir, sabak lilin, Atau batu lebar dengan tanda yang menunjukan letak bilangan dari kerikil yang digunakan sebagai penghitung.Orang Romawi menyebut kerikil semacam itu calculus, dari situlah asal usul kata kalkulasi.

Namun perkembangannya seakan terhenti sampai saat Wilhelm Shickard, teman astronom Johannes Keppler, menemukan kalkulator mekanik pertama di Jerman (+/- 1623).Sembilan belas tahun kemudian, ilmuwan Prancis Blaise Pascal (1623-1662) mengukir langkah baru dengan kalkulator otomatis delapan kolom digit, yang baru bisa mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan.

Tiga puluh tahun kemudian alat ini di kembangkan lagi untuk pembagian dan perkalian oleh matematikus 
Jerman Gottfried Wilhelm Von Leibniz (1646-1716).Ia juga menyembangkan sistem binari, yang belakangan amat berperan dalam pengembangan cara berpikir dan bahasa komputer.

Tahun 1801 penenun Prancis Joseph Marie Jacquard (1752-1834) menemukan alat tenun Jacquard yang bekerja sesuai kode perintah berupa lubang-lubang di punched card.Jarum akan lolos jika mendapati lubang, tapi tak bisa mengaitkan benang bila permukaan kartu rapat.
Alat itu mengilhami penemu dan matematikus Inggris, Charles babbage (1792- 1871) untuk mengembangkan komputer mekanis atau mesin analitis yang punya semua elemen dasar komputer otomatis. Tapi proyeknya macet karena tak ada onderdil yang pas.Lagi pula ia kekurangan dana.

Tahun 1930 Vannevar Bush, insinyur listrik AS, meyembangkan mesin untuk menyelesaikan persamaan differensial.Mesin ini di anggap komputer analog yang andal.Sementara itu baru 14 tahun kemudian , komputer digital dalam bentuk awalnya berhasil di rancang oleh Howard Aiken, professor di Harvart University, AS.Mark I, begitu namanya, bisa melakukan tiga penjumlahan per detik.
University of Pennsylvania tak mau kalah.Dua tahun kemudian dua insinyurnya, J.Presper Eckert,JR dan John William Mauchlay, membangun komputer digital elektronik atau Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC).Mesin berbobot lebih dari 27 ton itu butuh ruangan 140 meter persegi.Untuk beroperasi di perlukan listrik 150 kilowatt, setara dengan pasokan listrik untuk kompleks kecil berisi 65 unit rumah menengah. Komputer yang sebesar rumah ini 1.000 kali jauh lebih cepat daripada Mark I.Ia bisa melakukan 5.000 penjumlahan dan 1.000 perkalian perdetik.

Eckert dan Muchlay lalu bekerja sama dengan matematikus Amerika kelahiran Hungaria, John Von Neuman.Hasilnya, pada tahun 1951 mereka merancang Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), yang mempengaruhi desain komputer generasi berikutnya.Ditahun itu pula, mereka membangun komputer yang lebih maju, Universal Automatic Computer (UNIVAC), yang jadi komputer komersil pertama.
 
Berkat temuan transistor tahun 1947, muncul komputer yang sepenuhnya bertransistor karya insinyur Amerika, Seymour Cray tahun 1958.Namun temuan Integrated Circuit (IC) tahun 1960-an menyebabkan revolusi dari kapasitas kerja dan ukurannya.Karena mampu menyimpan ribuan transistor dalam secuil chip silikon, IC memungkinkan bentuk komputer jadi ringkas dengan main frame berkecepatan tinggi dan kapasitas memori besar.Para pembuat mikroprosessor berlomba memasuki kecepatan pemroses data dalam giga (GHz).Misalnya Athlon dari AMD, Pentium III dan Pentium IV.

Perkembangan komputer makin lekat dengan kehidupan manusia saat di temukan komuter pribadi (PC) buatan Altair (1975).Cuma baru tahun 1977, ketika dua pelajar Amerika, Steven P. Jobs dan Stephen G. Wozniak, mendirikan Apple Computer Company, lahirlah PC Apple II dengan harga terjangkau.
Akhirnya Personal Computer (PC) berkembang seperti sekarang ini.Banyak program-program yang menyertainya, apalagi ditemukannya pemograman berbasis windows, lebih memudahkan pengguna komputer.

3 komentar:

SAYA SUDAH MENEMUKAN PARANORMAL YANG BISA DI PERCAYA JIKA SAUDARAH-SAUDARAH BUTUH BANTUAN PESUGIHAN INI AMAN TANPA ADA RESIKO APAPUN KARNA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN SENDIRI SAYA DI BANTU OLEH MBAH BUDI HARTONO MELALUI PESUGIHAN DANA GAIB DENGAN JUMLAH 700.JUTA SAYA SANGAT BERSYUKUR KARNA MELALUI MANTUAN MBAH BUDI HARTONO SAYA SUDAH LEPAS DARI HUTANG KARNA SAYA MENANGGUN HUTANG SEBANYAK 200.JUTA MAKASIH BANYAK YA MBAH ATAS BANTUANNYA TERNYATA YANG TERTULIS DI DALAM BLOG MBAH TERNYATA BENAR BAGI SAUDARAH-SAUDARAH YANG PUNYA MASALAH EKONOMI INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA LANSUNG HUBUNGI MBAH BUDI HARTONO DI NO HP (.O85.256.O77.899.) SUPAYA LEBIH JELAS BUKA BLOG MBAH

KLIK-->> PESUGIHAN DANA GAIB

SAYA ATAS NAMA IBU SUMIDAH DARI CIANJUR INILAH KISAH NYATA DARI SAYA TANPA REKAYASA ATAU SILAHKAN BUKTIKAN SENDIRI INGAT KESEMPATAN TIDAK AKAN DATANG UNTUK KEDUA KALINYA

Kami menawarkan pelbagai perkhidmatan kewangan yang meliputi: Perancangan Perniagaan, Perdagangan dan Pembangunan Kewangan, Hartanah dan Gadai Janji, Pinjaman Penyatuan Hutang, Pinjaman Perniagaan, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Semula Rumah dengan kadar faedah yang rendah setiap tahun untuk individu, syarikat dan badan korporat. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga anda dan memiliki rumah impian anda serta skim Pinjaman Umum kami. Pemohon yang berminat perlu menghubungi kami melalui
WhatsApp Only: [+ 44] 7480 729811
Tel .... [+ 44] 7480 729811
E-mel: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Kami di sini untuk memberikan pinjaman mulai dari $ 10.000,00 minimum hingga $ 10.000.000,00 maksimum yaitu ketika Anda ingin mengajukan permohonan dalam Dolar juga jika Anda berasal dari Indonesia Anda bebas untuk mengajukan pinjaman minimal Rp.100 juta minimum maksimum Rp.25 miliar demikian juga jika Anda dari Malaysia Anda bebas untuk mengajukan pinjaman minimum Rm30k dan Rm850k sebagai maksimum Anda juga dapat mengajukan dalam mata uang lain yang tidak disebutkan di atas, kami selalu di sini untuk menyediakan pinjaman yang Anda butuhkan untuk memenuhi semua pengeluaran keuangan Anda pada tingkat yang sangat rendah karena kami telah melakukan ini selama bertahun-tahun dan telah berhasil dan bermanfaat bagi pemberi pinjaman dan peminjam itu sebabnya kami memiliki kesaksian di mana-mana <<<< >> >> Kesaksian terakhir adalah Farouk dari Malaysia dengan jumlah Rm2.3juta dan juga Indra dari Indonesia dengan jumlah Rp.570juta jadi tolong jangan ketinggalan dalam transaksi yang sangat ramah pelanggan ini <<<<< >>> >>>Di bawah ini adalah Informasi kontak


Company Name:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY

☎::::::::::::>+62 822-7404-5059
W/A:::::::>+62 822-7404-5059
e_mail::>[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

Posting Komentar